Senin, 15 Juli 2013

Pulau Arborex


Pantai di P.Arborex
Apakah yang menyebabkan biaya wisata dalam negeri itu begitu besar, apalagi untuk daerah timur Indonesia sehingga wisatawan dalam negeri justru memilih berwisata ke luar negeri. Jawabannya aksesibilitas. Bayangkan saja untuk menuju Kabupaten Raja Ampat di Papua Barat dari Jakarta membutuhkan waktu sekitar 7 jam perjalanan udara ditambah 2 jam perjalanan laut. Itupun baru tiba di ibukota kabupaten, Waisai di Pulau Waigo. Untuk menuju tempat wisatanya ataupun penginapannya membutuhkan perjalanan laut lagi bergantung kepada pulau mana yang akan dituju.

Seperti Pulau Arborek, sebelah barat daya dari ibukota kabupaten membutuhkan sembilan puluh menit menggunakan speedboat dengan kapasitas dan kecepatan sedang. Pulau yang sudah di tetapkan sebagai kampung wisata oleh pemerintah setempat karena sering digunakan sebagai persinggahan wisatawan asing dan domestik. Walapaun tidak terdapat resort atau hotel namun tersedia sebuah bangunan homestay yang bisa dipergunakan untuk sekedar bermalam dengan tarif penggunaan Lima Ratus Ribu Rupiah permalam.

Dermaga Pulau Arborex

Sekeliling pulau banyak terdapat dive spot atau titik penyelaman favorit para wisatawan maupun sekedar snorkling di sekitar dermaganya. Jangan heran apabila aktivitas snorkling tersebut akan banyak di ricuhi oleh anak-anak lokal setempat yang juga ikut berenang bersama kita. Keramahan penduduk lokal turut membantu mengundang kedatangan wisatawan di pulau tersebut. Yang paling diminati tentu saja Manta Sandy, sebuah titik penyelaman yang menyuguhkan atraksi bermain dengan ikan manta atau ikan pari yang berenang dengan anggun di hadapan kita.


Tempat beristirahat nelayan sblm melaut

Sebuah ironi tersaji apabila kita bertanya kepada para pemilik dan pengelola resort dan hotel di Raja Ampat. Di satu sisi mereka menginginkan bahwa investasi di sana dibatasi jumlahnya agar keeksklusifan Raja Ampat dan daerah konservasi peraian disana tetap terjaga, namun di sisi lain, pemerintah baik pusat maupun setempat juga ingin meningkatkan kesejahteraan penduduk Raja Ampat dengan mengundang sebanyak-banyaknya investor masuk agar membuka lapangan pekerjaan yang luas.

Arborex dari kejauhan

Apapun yang terjadi seharusnya yang menikmati pembangunan tetap penduduk Raja Ampat karena merekalah yang memiliki, mengolah dan menjaga semua potensi yang di miliki Raja Ampat.

Plang nama Pulau Arborex

2 komentar: