Minggu, 07 Juli 2013

Pulau Paserang

Pulau Paserang dari kejauhan
Sebagai sebuah kabupaten yang relatif baru terbentuk, sebelumnya tergabung kedalam Kabupaten Sumbawa, Kabupaten Sumbawa Barat, dengan ibukota Taliwang, memiliki potensi minawisata yang jauh lebih gampang dibandingkan Kabupaten yang lain. Lebih gampang disini maksudnya dari segi aksesibilitas. Apabila berangkat dari penerbangan Jakarta kita hanya perlu singgah di Denpasar atau Lombok Praya sebelum melanjutkan ke kota Sumbawa Besar. Dari situ perjalanan dilanjutkan melalui darat selama tiga jam. Atau alternatif lain menggunakan penyeberangan langsung dari Lombok yang hanya memakan waktu lima jam perjalanan.

Gerbang Penyeberangan Wisata Gili Balu

Pulau Paserang merupakan salah satu pulau dari gugusan pulau yang diberi nama Gili Balu dengan delapan pulau berjajar di muka Pelabuhan Poto Tano. Untuk mencapainya hanya memerlukan lima belas menit menggunakan speed boat kecepatan sedang. Sebenarnya ada pulau lain yang sengaja diperuntukan untuk wisata yaitu Pulau Kenawa. Disitu sudah berdiri dermaga lengkap dengan pondok-pondok wisatanya dan fasilitas pendukung seperti persediaan air bersih dan toilet. Banyak juga wisatawan lokal yang mengunjungi pulau ini setiap harinya.

Dermaga di Pulau Paserang

Pulau Paserang berkontur landai dengan sebuah bukit di bagian utara setinggi kurang lebih sepuluh meter dengan pantai pasir putih dan rerumputuan menghampar hampir seluas tiga hektar. Sebuah dermaga yang tampaknya masih semi permanen sudah dibuat dari papan dan kayu. hanya berjarak kurang dari sepuluh meter dari pantai kita sudah dapat menemukan dive point atau titik selam dengan hamparan terumbu karang yang penuh dengan kedalaman dua belas sampai lima belas meter.

Pantai Pasir Putih

Di pulau ini rencananya akan dibangun resort untuk wisata bahari mulai tahun 2012 dan nantinya di kelola oleh PT. Nusantara Oriental Permai, sebuah penanaman modal milik dalam negeri asal Jakarta. Semoga dengan masuknya investasi di pulau ini dapat membawa dampak positif baik untuk masyarakat sekitar maupun meningkatkan pendapatan daerah pemerintah setempat, sehingga siapapun dapat menikmati keindahan dan pesona Pulau Paserang yang indah.

Pulau Paserang dari atas bukit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar